Sukacita pada Pesta HUT Ke-50 dan Ke-25 Hidup Membiara


Syukur merupakan kata yang paling pantas dan layak diungkapkan oleh keluarga besar Kongregasi Suster-suster Fransiskus Dina (SFD) karena dua Suster SFD merayakan pesta emas 50 tahun hidup membiara dan tiga suster merayakan pesta perak 25 tahun hidup membiara di kota Pati Jawa Tengah pada tanggal 2 Juli 2018. 

Namun sebelumnya untuk mensyukuri kasih setia dan campur tangan Tuhan dalam perjalanan hidup panggilan mereka selama 50 dan 25 tahun sebagai puteri SFD yang dina, mereka masuk  dalam keheningan dan refleksi mendalam  selama 3 hari  didampingi oleh Pater Vitalis OFM. Sehingga pada malam sebelum pesta, Sr. Myriam Haloho yang mewakili pestawati dengan suara bergetar karena terharu sembari menitikkan air mata, memohon doa dan dukungan kepada Para Suster SFD semoga acara besok berjalan dengan baik dan mereka tetap setia dan semangat sebagai puteri St. Fransiskus Assisi sampai tutup usia.


Sukacita tersebut juga dirasakan oleh umat Paroki St. Yusuf Pati, hal tersebut terlihat dari antusias mereka dalam mempersiapkan pesta mulai dari dekorasi, persiapan tempat resepsi hingga liturgi. Betapa tidak dengan sukarela mereka menyumbangkan tenaga maupun materi dan bahkan konsumsi dari malam sebelum perayaan hingga pada hari H diberi secara cuma-cuma. Kiranya Tuhan membalas segala ketulusan dan kebaikan hati mereka. Hal tersebut merupakan ungkapan kebahagiaan dan dukungan mereka betapa mereka sangat merindukan kehadiran suster.

Adapun suster yang merayakan 50 tahun hidup membiara adalah Sr. Gertrudis Tukatri SFD berasal dari Baturetno - Wonogiri dengan motto “Fiat Voluntas Tuo” dan Sr.Theresia Agnes Suryati SFD berasal dari Ketandan Klaten - Jawa Tengah dengan motto hidup “ Ego Christi Sum”.

Sedangkan yang merayakan 25 tahun hidup membiara adalah Sr. Josephine S. Wigati SFD berasal dari Piringsewu Lampung dengan motto “ Pieta – kesetiaan”, Sr. Miryam Haloho SFD berasal dari Haranggaol-Sumatera Utara dengan motto “Meus Es / Engkau adalah kepunyaanKu” dan Sr. M. Magdalena Milala SFD berasal dari Munthe Sumatera Utara namun orang tuanya sudah lama tinggal di Jakarta. Motto hidupnya adalah “Allah setia”.
Perayaan Ekaristi langsung dipimpin oleh Yang Mulia Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko dan didampingi oleh 10 imam konselebran lainnya serta dihadiri oleh umat Paroki St. Yusuf Pati, Para Suster SFD, Bapak Camat setempat dan juga hadir kelompok Gusdurian. Dukungan dari pihak keluarga pun diwujudkan dengan kehadiran keluarga para pestawati.

Pestawati memilih bacaan dari injil Yohanes 15; 1-17 yang berbicara mengenai pokok anggur.  “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”. Ayat inilah yang diangkat Bapak Uskup sebagai bahan kotbah dan permenungan pada hari itu.

Dia menyampaikan bahwa dalam pencapaian motivasi awal masuk biara tidaklah mudah, tetap saja ada tantangan-tantangan yang muncul. Tentu keputus asaan, frustrasi, kejenuhan dapat terlewati karena mereka mempunyai kedekatan yang intim bersama dengan Tuhan sang pokok anggur yang memberikan nutrisi dan kekuatan kepada kita. 

Maka inilah saatnya bersama kelima Suster pestawati, kita bersyukur dan berterima kasih karena Tuhan slalu setia mendampingi mereka setiap saat sehingga mampu bertahan sebagai seorang religius selama 25 tahun dan 50 tahun.  Usia hidup membiara ini merupakan hasil dan buah persatuan mereka bersama Yesus. Selain itu, kemampuan mereka untuk hidup bersaudara memberikan energi positif bagi perjalanan panggilan mereka. Hidup gembira dalam persaudaraan merupakan kekhasan SFD, maka Bapa Uskup mengajak Para Suster SFD untuk semakin menjadi pribadi yang dina. Dina berarti mau  terlibat dalam penderitaan Yesus untuk memperjuangkan keselamatan sesama manusia.
Setelah perayaan Ekaristi, acara syukur dilanjutkan dengan ramah tamah. Ramah tamah dimeriahkan dengan nyanyian rohani, lagu Batak, lagu Jawa, tarian Jawa, tarian dari para Suster SFD dan sumbangan lagu dari Rm. Ipeng MSF.

Biara San Damiano Pati

Kota Pati adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah dan merupakan biara pertama Suster SFD di pulau  Jawa. Perhatian terhadap orang kecil dan sakit sebagai cikal bakal karya SFD di Pati dengan membuka Balai Pengobatan Salus Populi. Kemudian kerjasama antara Suster dengan pemerintah dan Bruder MTB berhasil dirintis dan dijalin dengan membuka Poliklinik “Sani” bagi penderita kusta. Perkembangan lebih lanjut untuk memperhatikan para penderita kusta, direalisir suatu Proyek Rehabilitasi kusta. Mereka yang sudah sembuh dibina agar dapat mandiri dan diterima kembali  masyarakat. Dan sekarang penghuni rumah rehabilitasi kusta  tinggal 3 keluarga karena sudah banyak yang sembuh dan kembali kepada keluarga dan masyarakat.


Untuk selanjutnya Para suster SFD melanjutkan misinya dengan membuka Rumah Sakit Bersalin: “PANTI RUKMI” untuk membantu ibu yang melahirkan dan anak yang baru dilahirkan. Namun pada perkembangan selanjutnya Rumah Sakit tersebut ditutup dan dialihkan menjadi “Wisma Lansia Panti Rukmi”. Dan berkat kerja sama yang baik dengan Keuskupan Agung Semarang, per Juli 2018 Para Suster SFD akan mulai berkarya di sebuah Panti Asuhan Yayasan Penghibur di Tayu.

Semoga karena campur tangan dari Tuhan sendiri, semakin banyak putri-putri Gereja diutus Tuhan untuk bergabung dengan SFD melanjutkan karya-karya SFD yang sudah dirintis sejak dahulu. (gio)














Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Sukacita pada Pesta HUT Ke-50 dan Ke-25 Hidup Membiara
Sukacita pada Pesta HUT Ke-50 dan Ke-25 Hidup Membiara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-7TId2gBWUk8BaHEgfEQmZI0YdYdfezjk5R2cMH4fKcAL299jN6a1uC7qvCjXdaLB0x8Gpb_SrIQsqx6yprA9CAxsenb5D717j_SZU3Ub3EuKKiNuimIeR4oYOQg49FAJTxWb1zm9JAU/s640/bersama++kelompok+Gusdurian.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-7TId2gBWUk8BaHEgfEQmZI0YdYdfezjk5R2cMH4fKcAL299jN6a1uC7qvCjXdaLB0x8Gpb_SrIQsqx6yprA9CAxsenb5D717j_SZU3Ub3EuKKiNuimIeR4oYOQg49FAJTxWb1zm9JAU/s72-c/bersama++kelompok+Gusdurian.jpg
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2018/07/syukur-merupakan-katayang-paling-pantas.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2018/07/syukur-merupakan-katayang-paling-pantas.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy