Masa Postulat


Masa Postulat merupakan masa peralihan dan perkenalan bagi calon suster agar dapat berorientasi dan mengenal kehidupan membiara. Pada umumnya postulant sudah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA sederajat. Mereka memiliki minat dan ketertarikan untuk hidup sebagai seorang religius dan ingin membaktikan diri kepada Tuhan. Namun latar belakang pendidikan, keluarga dan budaya para calon yang berbeda saatu sama lain, demikian pula kehidupan beriman, pengetahuan agama dan kedewasaan pribadinya menjadi kekayaan dalam pembinaan awal. Kebanyakan kesulitan yang dihadapi dewasa ini dalam pembinaan adalah kenyataan bahwa ketika mereka diterima, mereka tidak memiliki kematangan yang diperlukan. Maka pada masa postulat, mereka dituntut untuk mematangkan segi manusiawi dan hidup Kristiani yang memadai, sehingga merupan tanah subur bagi pertumbuhan hidup relligius yang dipilihnya, sehingga mampu menjadi pertumbuhan yang subur bagi penanaman   “ benih sejati SFD “.

TUJUAN MASA POSTULAT
Tujuan masa Postulat secara umum adalah agar Postulan semakin memperdalam manusia Kristiani dalam dirinya sebagai dasar untuk memperoleh kedewasaan dalam memilih panggilannya dan memiliki gambaran yang semakin jelas mengenai ada atau tidaknya panggilan dalam dirinya. Selain itu ada beberapa tujuan  khusus menjalani masa postulat yaitu:
  1. Postulan mampu mengenal diri dan sesame sehingga berkembang menjadi pribadi yang relative dewasa.
  2. Postulan memperkembangkan nila-nilai kepribadian, tekun pengolahan riwayat hidup, memahami moral dan etika secara sederhana sehingga dapat memperoleh kebebasan sejati, memperkembangkan rasa tanggung jawab yang kuat dan menumbuhkan sikap kritis yang memungkinkannya untuk mencari kebenaran dan peka terhadap situasi.
  3. Postulant mengembangkan sikap yang mendalam mengenai hidupnya sebagai orang Kristiani, sehingga hidupnya benar-benar merupakan pilihan bebas dari jawaban iman.
  4. Postulant mulai masuk dalam irama doa pribadi, doa bersama, sejarah Gereja, sejarah lembaga hidup bakti/Kongregasi, serta menghayati hidup sacramental yang diajarkan oleh Gereja.
  5. Postulant mulai mempelajari pengetahuan dan pengertian hidup bakti serta kekhususan Kongregasi SFD secara sederhana mulai ikut mewujudkan dan menghayati kedinaan, kemiskinan dan kerohanian Kongregasi sesuai dengan tahapnya.


COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Masa Postulat
Masa Postulat
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2005/02/masa-postulat.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2005/02/masa-postulat.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy