Masa Novisiat


Masa novisiat merupakan masa pembinaan intensif untuk mengetahui lebih dalam kesungguhan sikap dan motivasi dasar panggilan novis. Melalui pembinaan, para pembimbing mempunyai bukti-bukti yang cukup mendasar bahwa novis mampu mengubah diri dan hidup berdasar kerohanian Kongregasi dan tuntutan-tuntutannya untuk layak diterima sebagai anggota Kongregasi. Dalam pembinaan, novis diharapkan mampu mengintegrasikan nilai-nilai hidup religius, spiritualitas dan karisma Kongregasi dalam hidup sehari-hari. Melalui pembinaan novis memperoleh kemajuan dalam hidup rehani selaras dengan cara hidup Kongregasi, sehingga memungkinkan novis secara bebas dapat mengambil keputusan untuk penyerahan diri ke dalam Kongregasi melalui pengikraran kaul sementara. Masa novisiat dijalankan untuk jangka waktu Dua tahun mulai dengan penerimaan busana biara, anggaran dasar dan konstitusi pada tanggal 24 Juni dan berakhir dengan profesi pertama.


NOVIS TAHUN I
Selama masa novisiat tahun peratama, novis diajak melatih diri dalam dimensi kontemplatif hidup religius melalui dan dalam pengalaman hidup berkomunitas serta persaudaraan. Diharapkan pada tahap ini seorang Novis semakin memahami makna panggilannya secara intelektual dan inisiatif melalui hidup bersama dalam persaudaraan untuk hidup dalam roh dan mengabdikan dirinya seperti Yesus dengan mendalami semangat dan kharisma SFD dan melatih diri dalam segi kontempltif hidup religius (bdk. Konst. 63). Selain itu diharapkan agar novis semakin memiliki pemahaman dan mengalami cara hidup SFD secara nyata dalam hidup doa, study dan merenungkan kitab suci, persaudaraan dan karya apolistik yang selarass dengan visi dan misi Kongregasi , sehingga novis semakin mencintai Kongregasi dan  panggilan dalam dirinya serta berusaha senantiasa membentuk hati dan budi dalam semangat yang siap diuji (dbk.Konst 64, KHK 646)

NOVIS TAHUN II
Selama masa novisiat tahun kedua novis diajak mengalami kenyataan hidup religius secara raealistis lewat latihan-latihan. Adapun sasaran peambinaan ialah untuk mengetahui kesungguhan dan kejujuran dalam membina diri semaksimal mungkin berdasarkan pengalaman rohani yang dibatinkan selama tahun pertama.
Diharapkan pada tahap ini seorang Novis semakin memahami dan mengalami kehidupan  nyata dalam Kongregasi, menemukan panggilan Illahi dalam persaudaraan dan di dalam dirinya, sehingga menjadi semakin manusia rohani yang memiliki kedinaan dan dengan demikian mampu hidup seperti Kristus dan berani mengambil keputusan mengenai cara hidup yang dipilihnya.
Selain itu diharapkan agar novis semakin memahami dan mengalami makna nilai hidup bersama dalam persaudaraan  religius SFD, dan bagaimana hubungannya dengan karya apostolic serta mengetahui adanya hambata-hambatan, sehingga dapat mengatasi tegangan yang ada antara hidup doa dan hidup karya serta siap untuk terlibat dalam Gereja.

COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Masa Novisiat
Masa Novisiat
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2020/02/masa-novisiat.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2020/02/masa-novisiat.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy