Sidang Prakapitel Kongregasi Suster SFD

 
Pada tanggal 11-15 Februari 2019 persaudaraan SFD Indonesia mengadakan sidang Prakapitel di biara Mary Home Berastagi dan dihadiri oleh 35 peserta serta didampingi oleh moderator Kapitel Pater Eddy Kristiyanto, OFM. 

Tema yang diusung dalam Prakapitel yaitu “Persaudaraan SFD Indonesia yang memahami, menghayati dan mewujudkan kedinaan melalui ke tiga kaul dengan sadar menuju persaudaraan yang beriman tangguh, bermatiraga, dinamis, menghargai keberagaman dan menjadi saksi kabar sukacita injili bagi dunia, sebagai perwujudan kesatuan dengan Tuhan, sesama dan alam semesta”.  


Prakapitel diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pater Eddy Kristiyanto, OFM. Dalam Ekaristi dimohonkan karunia Roh Kudus guna menerangi hati dan pikiran bagi 35 Suster Kapitulan, agar apapun yang dibicarakan, yang direncanakan, dan yang diputuskan adalah demi kemuliaan Tuhan dan kebaikan persaudaraan.




Berangkat dari permenungan  yang mendalam, maka sebelumnya tema tersebut sudah direfleksikan oleh para suster di setiap komunitas-komunitas SFD dengan harapan bahwa Persaudaraan SFD yang dijiwai oleh semangat kedinaan mampu menjadi pribadi yang membaharui dan mempunyai daya ubah di tengah jaman yang semakin sarat dengan persoalan kehidupan terutama dalam kerusakan moral dan alam. 

Dengan tanda pengenal sebagai “saudari dina” memberikan kesempatan dan peluang yang luas untuk menjadi terang dan garam yang memberikan pengaruh dan rasa bagi dunia lewat kehadiran dan karya pelayanan SFD.



Menurut St. Fransiskus Asisi, kesempurnaan hidup tercapai dalam menghayati dan mengamalkan ketiga prasetia. Nasehat ini bisa dikatakan merupakan senjata yang sangat ampuh untuk hidup dalam kasih dan kesucian, berani untuk berkorban sebagai bentuk kemartiran, memilih jalan kesederhanaan untuk mengimbangi kehidupan yang semakin mengagungkan kemewahan dan hedonisme, dan terlibat dalam setiap peristiwa dan pengalaman hidup saudara-saudari yang lain. 

Dengan itu, kehadiran SFD diharapkan mampu membawa damai, mampu menembus batas-batas yang menghalangi terjalinnya persaudaraan sejati dan segala bentuk yang menimbulkan kecurigaan. 

 

Dalam pertemuan Prakapitel ini, para peserta berefleksi bersama sekaligus mengevaluasi hidup persaudaraan, formasi atau pembinaan, pelaksanaan karya-karya dan tugas perutusan serta pelayanan SFD seturut spiritualitas kongregasi dan nilai-nilai karya keSFDan, dan dengan itu menemukan cara-cara baru yang tepat, efektif dan berdaya ubah terhadap setiap kehidupan sebagai religius dan akhirnya memberikan dampak yang berguna bagi keberadaan karya-karya pelayanan SFD.

 
Dalam pertemuan, juga membahas dan mendalami setiap bidang-bidang sesuai dengan hasil refleksi dan pertanyaan-pertanyaan yang disuguhkan selama pertemuan.
Selama Prakapitel, para peserta bersama-sama memberikan hati, pikiran dan idenya masing-masing. Syukur kepada Tuhan Prakapitel berjalan dengan baik dan lancar sehingga ditemukan sesuatu yang berguna bagi Kongregasi SFD. #Salam SFD#



























Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Sidang Prakapitel Kongregasi Suster SFD
Sidang Prakapitel Kongregasi Suster SFD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz9qWBNz6e2AcKqNlph336nvjtwX4oHE_oyXHY-UNp7UcCiS5IcFD6JG5iqRZ2Y9ehFGRHdTWTpvaclAS8jCWhyJlQGeVDT4p2Ok8QOflqdEouPpJhQW7dyb206joMuzgnXMVmlNqJ6PQ/s640/1.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz9qWBNz6e2AcKqNlph336nvjtwX4oHE_oyXHY-UNp7UcCiS5IcFD6JG5iqRZ2Y9ehFGRHdTWTpvaclAS8jCWhyJlQGeVDT4p2Ok8QOflqdEouPpJhQW7dyb206joMuzgnXMVmlNqJ6PQ/s72-c/1.JPG
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2019/02/sidang-prakapitek-kongregasi-suster-sfd.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2019/02/sidang-prakapitek-kongregasi-suster-sfd.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy