PEMIMPIN YANG BERHATI IBU ITU KINI TELAH PERGI


Zr. Rafael Kops

























Zr. Rafael Kops mempunyai nama Fransisca Johanna ketika beliau belum menjadi seorang biarawati Fransiskan di Dongen-Belanda. Lahir pada tanggal 03 Maret 1938. Beliau adalah sosok seorang Pemimpin yang berhati ibu. Terpilih menjadi Pemimpin Umum Kongregasi SFD tahun 1985 sampai pada saudari maut menjemputnya tanggal 10 Juni 2020. Tetapi pada tahun 1970 sudah ikut sebagai Dewan Umum. Pada bulan Maret 2020 Zr. Rafael merayakan syukur atas tugas pelayanan genap 50 tahun melayani persaudaraan Kongregasi SFD di Dongen-Belanda. Maka sejak saya masuk biara pada tahun 1991 beliau sudah menjadi Pemimpin Umum Kongregasi SFD.


Sejenak berbicara mengenai hidup dan tugas pelayanan Zr. Rafael Kops. Pada awal misionaris Belanda hadir di Medan pada tanggal 17 April 1923 kondisi negara Indonesia masih sedang dilanda perang. Tetapi situasi itu semakin mengobarkan semangat dan daya juang para suster misionaris untuk tetap melayani di Medan- Indonesia. Seiring dengan perjuangan hingga kemerdekaan yang dialami oleh bangsa Indonesia semakin bertumbuh pula karya pelayanan para Suster misionaris Belanda, sehingga mereka berani membuka beberapa komunitas di Indonesia. Tetapi walaupun sudah dibuka karya dan komunitas SFD di Indonesia, namun secara finansial belum begitu kuat. Dalam hal inilah peran Zr. Rafael Kops sangat menentukan. Sejak beliau masuk dalam dewan kepemimpinan, beliau berjuang keras untuk belajar bahasa Indonesia dan memang karena kecerdasan yang dimiliki, Zr. Rafael Kops bisa dikatakan mahir berbahasa Indonesia sekalipun belum pernah tinggal di Indonesia. Bermodalkan Bahasa Indonesia yang  dipelajari membuat beliau semakin gigih juga untuk mempelajari budaya yang ada di Indonesia. Terutama budaya para wanita batak, sangat melekat padanya karena menurutnya wanita batak adalah pekerja keras dan pantang menyerah. Kemungkinan besar itulah pemikiran Zr. Rafael Kops sehingga membuat beliau semakin gigih dan bekerja keras tanpa lelah untuk memperjuangkan Kongregasi SFD di Indonesia.

Zr. Rafael Cops no 3 sebelah kanan bersama Dewan Umum SFD Dongen dan Dewan Umum SFD Indonesia pada thn 2016 di Belanda

Zr. Rafael Kops adalah pribadi yang bersahaja dan pendoa tetapi juga tegas. Zr. Rafael Kops sangat mengharapkan karya pelayanan Kongregasi SFD di Indonesia dapat berkembang dengan baik, maka beliau  pun sangat mendukung dengan berbagai macam cara, termasuk menyiapkan dana untuk pembinaan dan pendidikan tahap bina dasar para Suster SFD,  dana untuk biaya kesehatan para Susternya, dana untuk pendidikan anak-anak SLB C, dan juga memberi beasiswa kepada beberapa orang muda yang membutuhkan peningkatan pendidikan. Semua hal itu disiapkan karena berangkat dari keprihatinan dan kecintaannya kepada para Suster SFD di Indonesia.


Kesan yang paling baik adalah Zr. Rafael Kops selalu tersenyum dan menyapa setiap Suster, memiliki daya ingat yang kuat, sehingga setiap Suster yang pernah bertemu dengan beliau hampir selalu diingat namanya, biarpun hanya sekali bertemu dalam setahun atau bahkan dua tahun sekali. Bagi kami, Zr. Rafael Kops memang sosok yang luar biasa. Beliau selalu bersedia membantu beberapa Kongregasi di Belanda yang membutuhkan penterjemah Bahasa Indonesia. Sebagai seorang Pemimpin Umum, beliau selalu memberi teladan yang baik.

Saat kunjungan di Medan

Hidup doanya selalu dipupuk dengan sangat baik, rendah hati, sederhana, pekerja keras, peduli dan tegas tetapi memiliki hati yang lembut. 

Zr. Rafael Kops telah berulang kali datang ke Indonesia dengan sifat keibuannya yang sangat mempesona dan  mudah menyesuaikan diri dengan keadaan Indonesia. Beliau sangat bangga dengan orang Indonesia yang selalu berjuang, pekerja keras dan memiliki semangat untuk berkembang. Sampai akhir hidupnya, beliau tetap berusaha agar SFD Indonesia semakin berkembang. Di dalam hati telah terukir cintanya yang amat besar akan Kongregasi SFD Indonesia seperti yang dikisahkan oleh Para Suster SFD yang pernah hidup bersama dengannya. Bahkan dalam situasi sakitpun beliau tetap memikirkan Kongregasi SFD yang di Indonesia.


Setelah menurutnya semua sudah siap, maka dengan tenang Zr. Rafael Kops berpulang kepangkuan Allah Bapa di Surga. Beliau telah pergi membawa senyuman yang tulus dan penuh sukacita. Selamat jalan Ibu kami yang baik hati, doakan kami agar mampu mengembangkan karya pelayanan yang sudah Suster perjuangkan demi kemulian Tuhan. Selamat jalan Ibu, kami mencintaimu.  (Sr. Raynelda Simanjorang SFD)

COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: PEMIMPIN YANG BERHATI IBU ITU KINI TELAH PERGI
PEMIMPIN YANG BERHATI IBU ITU KINI TELAH PERGI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaK2myt-nZeiLHSlPlJmfzZDQ-FC0a2Z5CSud18T5f06FUEPjCdBYZWyoSd5oPO50La_VYSbIiQJjVgp0fBFN32sjnK4mo1XR-ghSl9K_sGuTi4UKJ04rA4YLLR_WNzufwvQeRPyEBFeI/s640/IMG_20200611_092058.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaK2myt-nZeiLHSlPlJmfzZDQ-FC0a2Z5CSud18T5f06FUEPjCdBYZWyoSd5oPO50La_VYSbIiQJjVgp0fBFN32sjnK4mo1XR-ghSl9K_sGuTi4UKJ04rA4YLLR_WNzufwvQeRPyEBFeI/s72-c/IMG_20200611_092058.jpg
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2020/06/pemimpin-yang-berhati-ibu-itu-kini.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2020/06/pemimpin-yang-berhati-ibu-itu-kini.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy