PENERIMAAN JUBAH BIARA DAN PENGIKRARAN KAUL PERDANA KONGREGASI SFD


Wabah virus corona bukan menjadi penghalang dalam menanggapi dan menjawab panggilan Tuhan. Walau perkembangan kasus Covid-19 pada akhir-akhir ini menunjukan tren kenaikan dan bahkan akan ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro namun upacara penerimaan jubah biara dan profesi perdana di dalam Kongregasi SFD masih bisa diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan, tetap menggunakan masker, menjaga jarak, kursi tempat duduk diatur sedemikian rupa dan suster yang hadir hanya yang berkomunitas di Medan.

 

 Tepatnya hari Kamis 24 Juni 2021 di Aula Mdr. Konstansia Psr VIII Medan, 17 orang Postulan SFD diterima memasuki masa Novisiat dan 3 orang novis mengikrarkan kaul perdana mereka sekaligus mendapat perutusan baru dari Ministra Umum SFD.

 Kendati perayaan kali ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena tidak semua suster diundang dalam perayaan ini, namun wajah sang pestawati tetap memancarkan kebahagiaan yang tak terlukiskan dan senyuman sumringah dibalik masker yang mereka gunakan. Para suster SFD Indonesia dari komunitas masing-masing juga ikut mendukung dalam doa dan juga tetap mengikuti upacara kebiaraan lewat channel youtube Kongregasi SFD yang disiarkan secara live streaming.

 


Sang pestawati ini telah menjalani proses pembinaan intensive selama ini, mereka mengalami rahmat Tuhan yang dirasakan selalu mengasihi, membimbing dan membentuk mereka dalam perjalanan kehidupan dan panggilan mereka. Melalui refleksi yang mendalam akan pengalaman kasih Tuhan dan pengenalan akan Kongregasi SFD maka tema yang mereka pilih dalam perayaan ini adalah “Bukan kamu yang memilih aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (Yoh 15;16a).

Dalam homilinya, RP. Andreas Elpian Gurusinga.OFM.Conv mengungkapkan bahwa tema dengan ayat kitab suci “bukan kamu yang memilih aku, tetapi Akulah yang memilih kami”, mengandung makna sebuah kebebasan. Hari ini Tuhan memilih 17 orang Postulan untuk menerima jubah biara dan 3 orang novis akan berkaul perdana dan itu semua bukan sebuah kebetulan melainkan merupakan pilihan Tuhan sendiri. “Maka para Novis dan Yunior tidak perlu takut dalam menjalani panggilan ini karena Tuhan sendiri yang akan berkarya, sekali melangkah maju terus dan pantang mundur. Tuhan sendirilah yang memilih kita menjadi calon biarawati dan Tuhan juga yang menempatkan di Kongregasi SFD, maka tugas kita adalah menyerahkan diri seutuhnya dengan penuh keiklasan kepada Kongregasi SFD dan membiarkan diri dibentuk dan ditempah di dalam formatio SFD sehingga nantinya menjadikan pribadi yang sesuai dengan spiritualitas SFD” ujar RP. Andreas Elpian Gurusinga dalam homilinya.

Dengan diterimanya 17 orang Postulan memasuki masa Novisiat maka nama mereka juga akan diganti sesuai dengan pilihan mereka dan persetujuan Dewan Pimpinan Umum SFD, biasanya diambil dari nama Santo-Santa yang hendak diteladani. Berikut ini pergantian nama mereka:


Ade Cyntia Manihuruk menjadi Sr. M. Ambrosia Manihuruk

Aurel Sitanggang menjadi Sr. M. Carla Sitanggang

Cinwi Sihombing menjadi Sr. M. Ancilla Sihombing

Trika Purba menjadi Sr. M. Ursula Purba

Ester Sihombing menjadi Sr. M. Mary Jose Sihombing

Sherly Tamsar menjadi Sr. M. Hildegardis Tamsar

  Uli Nasib Purba menjadi Sr. M. Nicoline Purba

Ugahari Sitanggang menjadi Sr. M. Laura Sitanggang

Bella Tarigan menjadi Sr. M. Damiana Tarigan

Anisa Trigita Sumbayak menjadi Sr. M. Oda Sumbayak

Bekalta Sarima Saragih menjadi Sr. M. Andrea Saragih

Fidelia Ginting menjadi Sr. M. Clarisa Ginting

Rosinalsali Barus menjadi Sr. M. Alexandra Barus   

Lilis Rosmaida Naibaho menjadi Sr. M. Verena Naibaho

Sriarma Sipayung menjadi Sr. M. Petronella Sipayung

Yohana Deswika Sitohang menjadi Sr. M. Yosefa Sitohang

Yesika Siburian menjadi Sr. M. Amanda Siburian

Dalam upacara penerimaan novis tersebut, Ministra Umum SFD menyerahkan Anggaran Dasar Ordo III Regular St. Fransiskus Assisi dan busana kebiaraan berupa jubah putih, selayar putih dan sebuah salib kepada 17 orang calon novis.  Busana biara tersebut memiliki makna yang sangat dalam, maka ketika hendak memakainya tidak asal dipakai begitu saja tetapi memiliki ritual khusus yaitu:

1.     Jubah

Sebelum dipakai, jubah dicium terlebih dulu dan dalam hati berkata, ya Tuhan pakaikan lah aku pakaian kebiaraan agar aku tetap rendah hati, tetap sabar, tetap sederhana dan tidak menonjolkan diri

2.    Selayar

Sebelum dipakai selayar dicium dulu dan dalam hati berkata, ya Tuhan tudungilah aku dengan kerudung cinta kasih agar aku tertutup dalam hal duniawi dan terbuka hanya kepada kehendak-Mu saja.

3.    Ikat pinggang

Sambil diikatkan berkata, Ya Tuhan ikatkanlah aku dengan ikatan cinta kasih agar aku tetap sedia untuk diutus kemana saja demi kepentingan kongregasi dan sesama.

4.    Salib

Sebelum dipakai salib dicium dulu dan dalam hati berkata, Ya Tuhan ajarilah aku seperti Yesus yang siap sedia menerima penderitaan dan sengsara mulai dari taman Getsemani sampai ke bukit Golgota.

Semoga dengan mengenakan nama baru, jubah baru dan perutusan baru bagi yang baru berkaul perdana, mereka juga mengenakan Yesus Kristus dalam hidup mereka sehingga menjadi manusia baru. Selamat dan proficiat, semoga setia hingga akhir hayat. (Sr. Giovani Purba SFD)

COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: PENERIMAAN JUBAH BIARA DAN PENGIKRARAN KAUL PERDANA KONGREGASI SFD
PENERIMAAN JUBAH BIARA DAN PENGIKRARAN KAUL PERDANA KONGREGASI SFD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLrEu5zZLKgUxiowL3igv7r9FSbdns140On_0Qcdf89IA0W6kmVeG0XmxtP9BO5ReaUyP7W9bHMx0HZSlVoZhhASuE2_xWPL18pTtCGOE4TsCvdTW67VdLp_BfHy7YSI3jybZDrx01rTI/w640-h373/Pengikraran+kaul+perdana.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLrEu5zZLKgUxiowL3igv7r9FSbdns140On_0Qcdf89IA0W6kmVeG0XmxtP9BO5ReaUyP7W9bHMx0HZSlVoZhhASuE2_xWPL18pTtCGOE4TsCvdTW67VdLp_BfHy7YSI3jybZDrx01rTI/s72-w640-c-h373/Pengikraran+kaul+perdana.png
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2021/06/penerimaan-jubah-biara-dan-pengikraran.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2021/06/penerimaan-jubah-biara-dan-pengikraran.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy