Resep Hidup Penuh Makna

Sr. Anastasia Tinambunan SFD

Pribadi yang rajin, giat, cekatan, dan periang, menghias sosok seorang suster yang kini telah memasuki usia 67 tahun. Sr. Anastasia Tinambunan SFD adalah namanya. Beliau sering dipanggil Sr. AT berasal dari singkatan namanya atau bagi saudari sekomunitasnya sering memanggilnya oppung (bahasa batak) karena sudah senior, namun sangat akrab dengan orang-orang muda. Beliau kelahiran Hutanangka, 26 Juli 1954 dari stasi Janji - Hutanangka, Paroki St. Lusia Parlilitan - Humbang Hasundutan - Sumatera Utara.

 

Rambut ikal bagaikan gelombang laut dan senyuman manis mempesona tanda awet muda, mewakili perasaannya kala bahagia dan memang selalu berusaha untuk bahagia. Pribadi yang enjoy ini menikmati setiap kegiatannya. Sebenarnya skill beliau ialah menjahit tetapi mencangkul atau berkebun, memancing ikan, membuat rosario dan memasak merupakan hobby beliau juga. Kehidupan Sr. AT sangat memberi warna-warni yang cerah dalam hidup bersama maupun dimana saja ia berada. Nuansa itu sangat terpancar indah dari pribadinya yang rileks dalam mengerjakan sesuatu.

 

Mencangkul disekitar kebun komunitas dipagi hari sebenarnya hanyalah kegiatan iseng saja tetapi membuat kebun menjadi asri dan selalu menghasilkan beberapa bahan makanan untuk diolah di dapur komunitas, seperti sayur-mayur organic dan beberapa jenis bumbu lainnya. Sembari berkebun beliau juga senang memasang pancing di kolam ikan yang ada di kompleks Susteran SFD - Pasar VIII – Medan, tempat beliau tinggal saat ini. Menyenangkan sekali ketika ada sup ikan atau ikan goreng di ruang makan yang merupakan hasil pancingan Sr. AT. Hasil pancing yang paling sering ialah ikan patin dan ikan nila tapi ikan gabus dan ikan bawal juga sering dinikmati para suster berkat keahlian Sr. AT dalam hal memancing yang sudah terlatih sejak usia dini bersama sang ayah tercinta. Tak terhitung lagi hasilnya karena sungguh memuaskan para suster bahkan beberapa imam yang sering melayani ke komunitas tersebut juga sudah menikmati hasil pancingan beliau yang begitu gurih rasanya dan klop dihati.

 

Kehadiran beliau membawa terang bagi sesama. Setiap waktu yang ada dimanfaatkan dengan baik. Seusai kegiatan iseng-nya pagi itu, kira-kira pukul 10.00 wib setiap harinya, beliau melanjutkan jahitannya di Konveksi SFD yang lokasinya masih sekitar komunitas beliau. Sr. AT khusus menangani atau menjahit jubah para suster SFD. Telah bertahun-tahun beliau menangani karya tersebut sehingga para suster SFD menjadi berpakaian rapi, salah satunya karena hasil karya tangan Sr. Anastasia. Sungguh bahagia dan salut melihat Sr. AT yang tak kenal lelah dalam menjalani tugas pelayanannya tersebut walaupun sudah usia indah. Meski disibukkan dengan berbagai jenis pekerjaan, namun dalam hal doa beliau juga hadir dan tetap semangat. Suara yang merdu selalu terdengar dari beliau melalui mazmur-mazmur yang dilambungkan sebagai pujian kepada Tuhan, khususnya dalam doa bersama di kapel dan apabila ada koor, entah untuk acara gereja maupun kegiatan Kongregasi SFD beliau pasti masuk dalam kontingen tersebut. “Meditasi, Ofisi atau ibadat harian, dan perayaan ekaristi merupakan kekuatan dalam hidupku dan itu harus diseimbangkan dengan hidup jasmani” jelas Sr.AT saat kami sedang minum bersama siang itu. Resep yang sederhana membuat hidup penuh makna. Ugahari, ramah, bersaudara, dan berpikir positif membuat hidup semakin bahagia. Sr. Anastasia Tinambunan SFD merupakan sosok yang menikmati setiap proses dan pekerjaan yang dilakukannya.

 

“Hidup ini singkat, maka dimanapun kita berada, apapun tugas yang dipercayakan kepada kita, jalani saja, nikmati dan syukuri maka kita akan tetap bahagia menjalani hidup ini juga panggilan kita” lanjut Sr. AT sambil tersenyum bahagia sembari menikmati lemon tea kesukaannya.

Selain resep itu beliau juga punya resep lain demi menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina tubuhnya, yakni dengan mengkonsumsi minuman alami alias herbal. Secara rutin merebus daun salam, daun pandan, daun kelor, daun sirsak, bandrek, dan sejenisnya dengan penuh semangat. Pokoknya segala jenis daun atau tanaman lain deh, yang menurutnya berkhasiat. Asyiknya, kalau minuman itu bebas diambil oleh siapa saja tanpa ada perasaan aneh bahkan anggota sekomunitas mencari jika tidak ada rebusan herbal. Hal itu dilakukan setiap hari secara bergilir memilih jenis daun-daun yang dibutuhkan kecuali daun pintu dan daun telinga. Hehehe...  Bahkan bagi beliau tidak asing lagi mendengar seloro para suster yang sekomunitas dengannya.  “Sr. AT jarang minum air bening ya, tapi tetap awet muda dan kuat mencangkul, tenaganya berlebihan ya pung?” tanya seorang suster muda yang sering berkebun dengannya, kala itu mereka sedang memetik sayur hasil kebun sambil bersenda gurau. Sr. AT hanya tertawa dan mengakui bahwa usia beliau memang sudah senior tetapi semangatnya masih muda bahkan berkobar-kobar.

 

Tak ada alasan tak mampu, semua bisa dipelajari kalau ada kemauan dalam diri. Salah sedikit tidak menjadi masalah, tetapi berani mengakuinya, berpikir positif, dan optimis. Jadikan pengalaman sebagai guru. Dengan demikian, menjalani hidup dan menikmati tugas yang dipercayakan akan menumbuhkan kebahagiaan dan rasa syukur atas rahmat dan berkat yang dilimpahkan Tuhan kepada kita ciptaanNya.  (by. Sr. Laurensia Girsang SFD)



COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Resep Hidup Penuh Makna
Resep Hidup Penuh Makna
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtqYI_wa0A8wHd8RTUF_EfgTmM_liw9-j6cmBJ9S5bVFXJtTfcJizcuWeFKOrmqJ1FMwQ_yNTDj1J7VN4V2p5DijNWVinz0KdwH6oRSuYULTRToo5KmzBKJFZE2KIpaZo_Le4RhfzyNAQ/w400-h285/Picture4.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtqYI_wa0A8wHd8RTUF_EfgTmM_liw9-j6cmBJ9S5bVFXJtTfcJizcuWeFKOrmqJ1FMwQ_yNTDj1J7VN4V2p5DijNWVinz0KdwH6oRSuYULTRToo5KmzBKJFZE2KIpaZo_Le4RhfzyNAQ/s72-w400-c-h285/Picture4.jpg
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2021/09/resep-hidup-penuh-makna.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2021/09/resep-hidup-penuh-makna.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy