Kapitel Umum V SFD Indonesia

Situasi di ruang Sidang Kapitel

 Tema dan tempat kapitel

PERSAUDARAAN DINA YANG BERSUKA CITA, BERJUANG KONTEKSTUAL, INSPIRATIF DAN EKARISTIS demikian tema kapitel umum ke V SFD Indonesia yang berlangsung dari tanggal 1-7 September 2023. Kapitel dilaksanakan di Rumah Pusat Pembinaan Spiritualitas Syantikara Yogyakarta. Peserta kapitel 32 orang suster dibantu tim sekretariat sembilan orang, moderator kapitel adalah Romo Prof. Dr. Antonius Eddy Kristiyanto OFM.

 

Proses Kapitel

 

Sebelum kapitel dimulai para peserta kapitel/kapitulan diajak untuk mempersiapkan diri, secara jasmani dan rohani, membangun sikap batin yang hening  sehingga Roh Kudus leluasa untuk berkarya dalam diri kapitulan. Hari pertama semua peserta sepakat untuk mematikan ponsel dan selama kapitel  tidak diperkenankan keluar dari kompleks pertemuan, para kapitulan juga menyetujui hal-hal praktis yang mempermudah kelancaran kapitel. Setelah itu kapitulan mengikuti rekoleksi yang dipimpin oleh Rm. A. Eddy Kristiyanto OFM.

 

Setelah rekoleksi, kapitel dilanjutkan dengan pemaparan laporan pertanggungjawaban Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum periode 2019-2023. Setelah pemaparan laporan pertanggungjawaban para kapitulan mempunyai hak untuk bertanya dan meminta penjelasan dari para Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum. Setelah selesai pemaparan laporan pertanggungjawaban, diadakan voting untuk persetujuan isi laporan pertanggungjawaban. Semua peserta kapitel setuju dengan hasil laporan pertanggung jawaban Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum periode 2019-2023, artinya bahwa kinerja Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum periode 2019-2023 berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan kongregasi. Terimakasih kepada para suster karena sudah bekerja keras melayani persaudaraan selama 4 tahun. Semoga Tuhan melimpahkan rahmat berlimpah untuk para Suster.


Laporan pertanggungjawaban MU-DMU periode 2019-223 (dok.SFD)


Proses kapitel berjalan dengan baik dan lancar. Banyak hal sehubungan  dengan formatio, persaudaraan, karya perutusan, harta benda dan kepemimpinan yang didiskusikan dan menghasilkan keputusan dan anjuran yang berguna untuk pewartaan Kerajaan Allah lewat kongregasi SFD serta perkembangan persaudaraan SFD.  

 

Revisi Konstitusi

Satu hal yang sangat penting dalam persaudaraan SFD yaitu konstitusi. Konstitusi yang lama telah selesai direvisi  oleh tim yang sudah dibentuk dan dibantu oleh   Rm. A. Eddy Kristiyanto OFM. Draf konstitusi dipaparkan dalam siding kapitel, berdiskusi sampai semua peserta memahami dan menyetujui. Setelah melalui proses diskusi maka sidang kapitel menyetujui draf konstitusi. Semoga dengan selesianya konstitusi SFD yang baru, arah dan gerakan persaudaraan SFD semakin terang dan jelas.

  

Tim Revisi Konstitusi bersama Rm. A. Eddy Kristiyanto OFM (dok. SFD)

 

Pelayan terpilih

Pada hari terakhir kapitel, tanggal 7 September 2023, diadakan pemilihan Minstra Umum dan Dewan Ministra Umum SFD periode 2023-2027. Proses pemilihan didampingi Mgr. Robertus Rubiyatmoko Pr. Uskup Keuskupan Agung Semarang. Proses pemilihan berjalan dengan lancar berkat bantuan Roh Kudus. Setelah melalui proses pemilihan, maka terpilih para pelayan persaudaraan sebagai berikut:

Ministra Umum                        : Sr. Angela Purba SFD

Wakil Ministra Umum              : Sr. M. Yovita Simamora SFD

Dewan Ministra Umum I         : Sr. M. Fransiska Henny SFD

Dewan Ministra Umum II        : Sr. Filomena Turnip SFD

Dewan Ministra Umum III       : Sr. Alfonsa Simbolon SFD

semoga para pelayan terpilih dapat melayani persaudaraan dengan semangat kerendahan hati dan tetap bersukacita dalam pelayanan. Roh Kudus akan membantu pelayanan para suster.

Pelayan terpilih dan para kapitulan (dok SFD)

 


Ungkapan syukur dan pelantikan para pelayan

 Kapitel ditutup dengan misa, yang dipimpin oleh Mgr. Robertus Rubyatmoko Pr, selebran P. A. Eddy Kristiyanto OFM. Dalam homilinya Bapa Uskup mengajak bertolak ke tempat yang lebih dalam. Para pelayan senantiasa diharapkan tidak berputus asa saat dalam pelayanan tetapi harus bertolak ke tempat yang lebih dalam, semoga juga  dapat  berjalan bersama , saling menolong sebagaiman para rasul saling menolong saat mendapat banyak tangkapan ikan, agar lebih banyak yang bisa diselamatkan. Sesuai dengan tema yaitu persaudaraan dina yang senantiasa bersukacita, berjuang kontekstual, inspirati dan ekaristis. Semoga SFD mampu mewujudkan persaudaraan dina  yang senantiasa bersukacita, berbahagia dalam dunia sekarang yang tidak mudah. Tuhan pasti membantu.

Pelantikan Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum (dok. SFD)

 
Selamat melayani untuk para pelayan umum periode 2023-2027. Semoga api Roh Kudus tetap menyala dalam menyertai perjalanan. Tuhan memberkati. Salam SFD

(oleh: Sr. Filomena Turnip SFD)

         


 

 

COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Kapitel Umum V SFD Indonesia
Kapitel Umum V SFD Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOlt3Qdwj9rffnJ1qHSaYK2Lhi2pX1G2QutxXKh0A-7Ziu2sdc58l4Z0xZ2yZHfzGmuGZ6IhjhDMQsbRX3oUTKeWwzUhUhTrNDFlQqH76baYs1QVajs7krj8ebkpzCpakQEC00uPZpSGnphLyYTlWy31_FLKmCMqoAKCAnnrDSx05YZXC4WWKxLOGVRws/w640-h360/DSC03427.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOlt3Qdwj9rffnJ1qHSaYK2Lhi2pX1G2QutxXKh0A-7Ziu2sdc58l4Z0xZ2yZHfzGmuGZ6IhjhDMQsbRX3oUTKeWwzUhUhTrNDFlQqH76baYs1QVajs7krj8ebkpzCpakQEC00uPZpSGnphLyYTlWy31_FLKmCMqoAKCAnnrDSx05YZXC4WWKxLOGVRws/s72-w640-c-h360/DSC03427.JPG
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2023/09/kapitel-ke-v-sfd-indonesia-persaudaraan.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2023/09/kapitel-ke-v-sfd-indonesia-persaudaraan.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy