Sidang Kapitel Umum IV SFD Indonesia

Stuasi Sidang Kapitel

Pada tanggal 2-7 September 2019  persaudaraan SFD Indonesia mengadakan Sidang Kapitel Umum IV yang  diikuti oleh 32 orang Kapitulan serta didampingi oleh moderator Pater Antonius Eddy Kristiyanto OFM. Sidang Kapitel diawali dengan Perayaan Ekaristi kudus yang dipimpin oleh yang mulia Uskup Keuskupan Agung Semarang Mgr. Robertus Rubyatmoko di kapel Syantikara Yogyakarta.

Dalam pembukaan Perayaan Ekaristi, Ministra Umum SFD periode 2015-2019 Sr. Imelda Tampubolon SFD menyampaikan beberapa hal penting kepada peserta kapitel. Beliau menyatakan bahwa Kapitel Umum SFD yang diselenggarakan  empat tahun sekali mempunyai otoritas tertinggi seturut KHK kan 631 dan Konstitusi Kongregasi SFD artikel 151. Kapitel Umum menjadi tanda dan ungkapan yang paling jelas dari kesatuan, solidaritas, cintakasih dan tanggung jawab seluruh persaudaraan yang berkumpul dalam diri peserta kapitel yang dipilih sebagai wakil-wakil persaudaraan. “ Dalam kapitel ini kita akan menentukan garis-garis kebijakan masa depan Kongregasi yang berpedoman pada Injil suci, Anggaran Dasar dan Konstitusi dalam semangat Bapak Serafik St. Fransiskus Assisi, para pendahulu dan pendiri kita Muder Konstansia van der Linden serta disemangati juga oleh dinamika Gereja di tempat kita berkarya dan diutus dan dalam kapitel ini juga kita akan mengadakan pemilihan Ministra Umum dan Dewan Umum periode tahun 2019-2023” tandasnya.
Ministra Umum dan Dewan Umum SFD membawa persembahan berupa hasil bumi


Sedangkan dalam homilinya, Mgr. Robertus Rubyatmoko menegaskan apa yang menjadi tujuan berkapitel, tentunya adalah untuk mencari gebrakan baru sehingga menjadi SFD yang lebih baik dan berkembang. Beliau memberikan refleksi mendalam kepada para kapitulan dengan bertanya apa yang dicari dalam hidup ini. Apakah  kekuasaan, kenikmatan, popuaritas, kekayaan atau cari enaknya saja. Yang  dicari tentu adalah keselamatan dan kebangkitan yang menjadi orientasi hidup. Untuk meraih dan mendapatkan keselamatn itu perlu perjuangan. Keselamatan itu sendiri ada dalam diri Yesus Kristus.  Kita harus ikut terlibat dalam karya Yesus sendiri dengan mewartakan karya keselamatan dan kabar gembira kepada orang miskin, orang yang tertawan dan orang sakit.


Pemukulan Gong pertanda Sidang dimulai
Dalam homilinya, beliau juga bertanya apakah karya-karya Kongregasi SFD sudah sesuai dengan pola keselamatan yang diharapkan oleh Tuhan sendiri? Pertanyaan dan jawaban itulah yang akan dibahas dalam kapitel ini. Bapak Uskup berharap semoga Roh Kudus berkarya selama kapitel berlangsung sehingga  Kapitel ini menghasilkan kebijakan-kebijakan yang menggembirakan dan juga menyelamatkan umat Gereja. 
Selanjutnya dalam Perayaan Ekarisi para Dewan Pimpinan Umum 2015-2019 mempersembahkan hasil bumi berupa pohon manggis, pohon kelapa bertunas, bulir padi, air dan anggur, dana icon lambang Kongregasi SFD. Lambang hasil bumi itu   mengingatkan bobot karya SFD  yang tiada henti kepada Allah dalam kata dan tindakan. Semoga tetap berintegritas, bertanggungjawab, dan memiliki keteguhan hati yang kuat dalam menyelesaikan tugas perutusan sebagaimana telah dilakukan oleh Muder Konstantia van der Linden pendiri Kongregasi.


Sesudah Perayaan Ekaristi, pada pukul 08.00 dilanjutkan dengan pembukaan sidang dengan pemukulan Gong oleh Mgr. Robertus Rubyatmoko. Dalam pembukaan sidang, Bapa Uskup menyampaikan bahwa Kapitel merupakan kesempatan yang bagus untuk membuat langkah-langkah empat ( 4 ) kedepan. Perjalanan tarekat akan ditentukan oleh kapitel ini, maka dalam kapitel ini harus ditumbuhkan suasana persaudaraan yang baik sehingga Kapitel bisa berjalan denga baik dan Kapitulan dapat berpikir secara jernih.   


Pada Kapitel Umum IV ini rumusan Credo, Visi, Misi, Karisma, Moto dan Trilogi Kongregasi SFD direvisi dan disempurnakan sesuai dengan nilai-nilai warisan  rohani  St Fransiskus Assisi, Pendiri dan Para pendahulu. Dengan Visi, Misi yang baru  diharapkan seluruh Suster SFD semakin mamahami identitas diri sebagai SFD yang Dina.

Selama Kapitel Umum IV berlangsung kurang lebih enam (6) hari, maka dihasilkan 7 (tujuh) bidang Keputusan/Anjuran untuk direalisasikan ke depan. Keputusan-keputusan yang disepakati akan dijadikan sebagai acuan untuk membangun persaudaraan SFD yang lebih baik dan juga sebagai acuan dalam pengembangan karya-karya pelayanan SFD minimal dalam 4 tahun kedepan. Selain itu, dalam Kapitel diputuskan untuk membentuk tim-tim kerja Kongregasi SFD yang akan bertanggung jawab untuk mengkoordinir perkembangan dan kemajuan semua aspek. Untuk itu, dalam waktu dekat Kongregasi SFD akan menyusun grand design sebagai kerangka besar mau seperti apa SFD untuk 12 tahun ke depan. Dengan adanya grand design ini akan memudahkan tim yang ditugaskan untuk merealisasikan program SFD dimasa mendatang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Pada tanggal 7 September 2019 diadakan pemilihan Ministra Umum dan
Dewan Umum SFD Indonesia untuk periode 2019-2023. Setelah diadakan pemungutan suara sesuai dengan prosedur dan ketentuan Konstitusi dan Statuta artikel 156 Kongregasi Suster-suster Fransiskus Dina (SFD), maka Ministra Umum dan Dewan Umum SFD Indonesia terpilih adalah sebagai berikut:
          Ministra Umum          : Sr. Imelda Tampubolon SFD
          Wakil Ministra Umum     : Sr. Raynelda Simanjorang SFD
          Anggota                : Sr. Stefani Restituta SFD
          Anggota                : Sr. M. Vianny Tarigan SFD
          Anggota                : Sr. Angela Purba SFD

Ministra Umum & Dewan Umum SFD Periode 2019-2023

Dengan rahmat Tuhan mereka menyatakan kesiapsediaannya untuk mengemban tugas pelayanan memimpin Kongregasi Suster-suster Fransiskus Dina (SFD) dalam kesatuan dan kerja sama sesuai dengan visi dan misi yang baru direvisi yaitu membawa persaudaraan SFD yang didasari oleh Injil  dalam semangat misioner dan terbuka pada perubahan  zaman. “Sudah saatnya kita harus memperhatikan kehidupan masyarakat melalui rasa kemanusiaan dan persaudaraan dengan semangat missioner dan terbuka pada perkembangan zaman” ujar Sr. Imelda Tampubolon SFD selaku Ministra Umum yang baru terpilih. (Giovani purba)

MU-DU periode yang lalu (2015-2019)

COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Sidang Kapitel Umum IV SFD Indonesia
Sidang Kapitel Umum IV SFD Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIz63rYkD3PP8ZedmjVHJ7XzFw_mgAI3JNERy0c9CvL3PwKTt6s8D5RgTOtdbbR9Zx4dM9_VmAf7Z5c-gXi1h3CoqcuvZqNkBmtrlKgC5OO9qjorbnTPFmkYVIlleTY_R9mQDeMO0ifaE/s640/XX.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIz63rYkD3PP8ZedmjVHJ7XzFw_mgAI3JNERy0c9CvL3PwKTt6s8D5RgTOtdbbR9Zx4dM9_VmAf7Z5c-gXi1h3CoqcuvZqNkBmtrlKgC5OO9qjorbnTPFmkYVIlleTY_R9mQDeMO0ifaE/s72-c/XX.jpg
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2019/09/pembukaan-kapitel-umu-iv-sfd-bersama.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2019/09/pembukaan-kapitel-umu-iv-sfd-bersama.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy