Yunior SFD Dan Pandemi Covid-19



Sr. M. Laurentia Girsang SFD
Awal Juni 2020, seharusnya merupakan jadwal Para Yunior SFD mengadakan triduum yaitu masa-masa hening selama 3 hari dalam mempersiapkan diri secara bersama untuk membarui kaul prasetia.  

Biasanya triduum itu diadakan di rumah pembinaan Novisiat “Hati Kudus Yesus Medan”. Seperti biasa kalau sesama religious muda yang jarang bertemu dan ketika ada kesempatan bertemu, maka suasana pun menjadi hangat dan menyenangkan karena pasti akan berbagi satu sama lain dan saling menguatkan dalam panggilan.

Namun hal ini tidak terjadi karena kehadiran saudara COVID -19 yang turut berpengaruh dalam kehidupan religious sehingga Kongregasi mengambil kebijakan untuk mengindahkan himbauan pemerintah dengan, protocol kesehatan tetap terkondisi, memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, menjaga stamina tubuh dan Stay at Home. Hal ini membuat proses persiapan dan pembaharuan kaul para yunior SFD di komunitas Masing-masing. Hal yang tak pernah dibayangkan tapi kehendak Tuhanlah yang terjadi.

Menyedihkan, memprihatinkan dan mengharukan, inilah ungkapan terdalam dari situasi ini. Namun sebagai orang beriman harus percaya bahwa Tuhan punya rencana yang indah atas situasi yang hangat ini. Sekaligus memberi kesempatan bagi setiap insan untuk menyadari betapa tak berarti kekuatan manusia di dunia ini sehingga melalui pandemi ini  banyak orang yang semakin mencintai hidupnya dan meningkatkan relasi dengan Tuhan pun juga dengan keluarga. Dengan kata lain muncul rasa syukur terdalam dari lubuk hati.


Keadaan sulit ini tidak mengurangi keseriusan para Yunior  SFD, untuk mengalami kehadiran Tuhan dalam setiap permenungan bahkan semakin akrab dengan-NYA. Adapun tema rekoleksi adalah hidup religious dipanggil kepada kekudusan melalui tiga nasehat injil. Dia telah memanggil kita kepada kekudusan. Dasar biblis dari 1 Ptr 1:16 “Hendaklah hidupmu kudus, sebab Aku ini kudus”. Inilah tujuan hidup sebagai religious, menuju kesucian yang sempurna dengan menghayati persembahan diri kepada Tuhan dengan ketiga kaul yakni ketaatan, kemiskinan, dan kemurnian. Menghayati hidup dengan kasih dan memberi kesaksian dalam hidup sehari-hari serta mengerjakan hal-hal kecil dengan cinta yang besar.

Dalam Ensiklik bapa Paus Fransiskus yang berjudul Gaudete et Exsultate, berisi tentang panggilan kekudusan di dunia dewasa ini dengan bersukacita dan bergembira. Dia menghendaki kita kudus dan tidak mengharapkan kita puas diri, suam-suam kuku dan tidak konsisten. Tujuan sederhananya adalah untuk membangkitkan semangat panggilan kepada kekudusan dengan  mencoba mewujudkannya dalam konteks masa kini, dengan segala resiko, tantangan, dan peluangnya.

Sebagai religious muda, kerap mengalami benturan dalam hidup panggilan baik dalam perutusan maupun persaudaraan, jika tidak memberi diri untuk dibina. Itulah pentingnya kesabaran dan keterbukaan hati sebagai formatio yang masih butuh dibimbing dan dibantu dengan arahan pada jalan kekudusan panggilan.


Apabila kesadaran itu telah dimiliki, maka apapun tantangan yang dialami akan mampu melihat dan menerima bahwa disitulah Tuhan berkarya. Membentuk setiap pribadi untuk masuk pada kekudusan hidup dengan memandang tantangan merupakan sebuah cara Tuhan untuk melatihnya menjadi pribadi yang dewasa dan bergembira. Dengan keterbukaan hati akan berani berjuang untuk mengalahkan ego dan menghayati pengorbanan atau matiraga.

Teladan St.Fransiskus Assisi pelindung Kongregasi dan Muder Konstansia van der Linden pendiri Kongregasi SFD, mengikuti kehendak Tuhan dalam setiap peristiwa hidup mereka dengan menaruh harapan pada penyelenggaraan Ilahi sehingga tidak cemas dan gelisah. Percaya pada kebaikan Tuhan yang tidak terbatas sehingga mereka menemukan pantulan cinta Tuhan dalam seluruh alam ciptaan, sehingga bapa St.Fransiskus Assisi menganggap semua mahluk bagaikan saudara-saudari. Hal ini dapat terlaksana karena mereka hidup berpusat pada Kristus atau sering disebut Kristosentris. 


Hendaklah para Yunior SFD berani untuk masuk dan tinggal pada kekudusan tersebut, walau kita tahu bahwa hanya Tuhanlah yang sempurna, tetapi ada usaha dan perjuangan melalui setiap pengalaman sehari-hari, melatih diri dari setiap tantangan dan pergulatan yang dialami dan berusaha menyadari bahwa pengalaman suka maupun duka diterima dari tangan Tuhan sehingga pengalaman tersebut tidak mengurangi cinta kita pada Yesus.

Pembaharuan kaul di komunitas Binjai
Takkala kita memiliki kesabaran dan kesadaran dalam setiap proses, saat itulah kita masuk pada kekudusan. Jangan pernah lari dari kenyataan hidup, melainkan berjalanlah dengan-Nya karena hidup selibat bukanlah sebuah pelarian melainkan perjalanan yang indah bersama Tuhan.

Yunior yang membaharui kaul bersama Suster se Komunitas Palang Merah Medan
Long is not forever, Segala sesuatu tidak ada yang abadi, namun jika kita menerimanya penuh kesadaran dan kesabaran kita akan mengalami kegembiraan bersama salib, kedamaian dan sukacita sejati. Hal ini sungguh memberi kita suatu harapan, kekuatan dan kesetiaan untuk tetap bertahan dan berjalan bersama Yesus sekalipun saudara Covid-19 mengubah situasi kita dan dunia.
Acara Komunitas

Proficiat buat Para Yunior SFD yang telah membaharui kaul, semoga bersukacita dan bergembira dalam memikul salib setiap hari dan percayalah Tuhan mendampingi kita selamanya. Amin.

Oleh Sr. M. Laurentia Girsang SFD, Yunior ke 4

COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Yunior SFD Dan Pandemi Covid-19
Yunior SFD Dan Pandemi Covid-19
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-OmuJQQg45XHZMm3cE3tQjnM8osEZWBYp4mx9GjPGjesFEJe6u9mWkLAC1TiWyxf19D3DnFDL2wQU8_pEY10V9nvyw5g3ebv9wfRp5Kzrb80fJtl6ov6VUTJ1md2ZZVoxgrSxF4uae6U/s400/IMG-20200606-WA0069.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-OmuJQQg45XHZMm3cE3tQjnM8osEZWBYp4mx9GjPGjesFEJe6u9mWkLAC1TiWyxf19D3DnFDL2wQU8_pEY10V9nvyw5g3ebv9wfRp5Kzrb80fJtl6ov6VUTJ1md2ZZVoxgrSxF4uae6U/s72-c/IMG-20200606-WA0069.jpg
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2020/07/awal-juni-2020-seharusnya-merupakan.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2020/07/awal-juni-2020-seharusnya-merupakan.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy