Puncak Perayaan 100 tahun SFD di Indonesia


Pada tgl 17 April 2023 Kongregasi Suster-suster Fransiskus Dina (SFD) genap satu abad hadir dan berkarya di bumi Indonesia dan dirayakan secara meriah pada tgl 25 Maret 2023 bertepatan dengan Hari Raya Kabar Sukacita. Perayaan ini merupakan ungkapan syukur atas rahmat Tuhan selama seabad kongregasi SFD di berkarya di bumi Indonesia. Satu abad merupakan perjalanan panjang dengan aneka peristiwa sejarah yang membawa SFD kepada rasa syukur. Secara berkesinambungan, para suster SFD terus berefleksi dan mengevaluasi diri untuk meningkatkan mutu hidup pelayanan. Diusia 100 tahun, para Suster SFD diharapkan semakin tangguh, bersaudara, berjiwa misioner, semakin dina dan partisipatif dalam mewartakan kabar gembira di tengah masyarakat. Maka dalam perayaan ini Kongregasi SFD mengangkat tema Syukur atas perjalanan 100 tahun SFD hadir dan berkarya di bumi Indonesia.


Puncak Perayaan Seabad SFD di Indonesia

Puncak perayaan dilaksanakan di Convention Hall, Hotel Danau Toba Internasional Medan yang dihadiri oleh 1.200 umat.  Turut hadir dalam perayaan Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E, MM; Bapak Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Bapak Dr. Naslindo Sirait, SE, MM, Kepala Biro Perekonomian Sumatera Utara; Bapak Drs. Hendrik Halomoan Sitompul, MM, Anggota DPR/MPR-RI; Bapak Parlindungan Purba; para Pastor, Suster, Frater, Bruder dan Bapak/Ibu Guru, Pegawai, rekan kerja SFD dan alumni SFD.

Perayaan syukur diawali dengan Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh enam uskup dan satu vikjen dimana SFD berkarya yaitu, Mgr Kornelius Sipayung Uskup Keuskupan Agung Medan; Mgr. Robertus Rubyatmoko Uskup Keuskupan Agung Semarang; Mgr. Petrus Boddeng Timang Uskup Keuskupan Banjarmasin; Mgr. Agustinus Agus, Uskup Keuskupan Agung Pontianak; Mgr. Edmund Woga Uskup Keuskupan Weetebula-Sumba Barat Daya; Mgr. Yustinus Tarmono Harjosusanto, Uskup Keuskupan Agung Samarinda dan Romo Laurensius Sutadi, Vikjen Keuskupan Ketapang dan didampingi sekitar 45 Imam.


Dalam homilinya, Mgr. Robertus Rubyatmoko menyampaikan bahwa yang menjadi ciri khas atau keistimewaan SFD itu adalah kedinaan. Tetapi yang menjadi pertanyaan atau bahan refleksi adalah kedinaan yang bagaimana perlu diwartakan oleh seorang SFD?  Mgr. Robertus Rubyatmoko mengaitkan dengan bacaan Injil pada Hari Raya Kabar Sukacita yaitu tentang kedinaan Bunda Maria yang menerima penuh sukacita perutusan dari Allah menjadi ibu Yesus.  Maka kedinaan yang perlu dikembangkan adalah kedinaan ala Bunda Maria.  Injil hari ini mengemas sangat bagus mengenai kedinaan Bunda Maria yang menjadi cerminan dan pola yang perlu diteladani terdiri dari empat sikap yaitu:

Yang pertama, kedinaan dinampakkan dengan sikap lepas, yakni tidak ada keterikatan pada apa pun, hidup sederhana apa adanya, bersahaja. Inilah kedinaan Bunda Maria tidak memikirkan diri sendiri tetapi memikirkan keselamatan umat manusia. Maka dalam perjuangan hidup mencoba lepas dari hal-hal duniawi, semuanya hanya untuk Tuhan yang dicintai.

Yang kedua adalah menjadi manusia yang beriman tangguh, menjadi pendoa sebagaimana Bunda Maria dalam hidupnya selalu mencari kehendak Allah dan mengandalkan Allah. Demikian juga hendaknya Suster SFD, menjadi manusia pendoa, menghidupi kesatuan diri dengan Yesus Kristus bukan pada yang lain-lain. Hendaknya kita memiliki iman yang tangguh, tidak terombang ambing seperti Bunda Maria yang memiliki prinsip yang kuat, sekali mengatakan ya pada pilihan ini maka tetap ya sampai akhir. Percaya pada Penyelenggaraan Ilahi walaupun pada awalnya cara hidup ini belum jelas. Menjadi seorang suster tidak selalu mudah misalnya dalam membangun kebersamaan di biara, menghadapi tugas namun Allah selalu setia dan menyertai kita. Mengandalkan Allah adalah satu-satunya kekuatan kita.

Yang ketiga adalah siap untuk bermisi, siap menjalankan tugas kapanpun, dimanapun dan dengan siapa pun demi keselamatan manusia. Siap bermisi di sebelas keuskupan wilayah pelayanan Indonesia. Bahkan siap bermisi jika keuskupan Papua membutuhkan SFD. Sikap yang perlu dipelihara dalam melaksanakan misi adalah semangat, bahagia dan gembira dalam pelayanan. Punya kehendak kuat, berjuang melaksanakan misi Yesus Kristus yaitu demi keselamatan umat manusia dengan segala konsekuensinya.

Bunda Maria bermisi untuk orang lain sehingga dengan mantab mengatakan “aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataan-Mu”.

Sikap keempat adalah siap berubah, berbenah diri agar berbuah limpah. Sikap terbuka terhadap perubahan, responsive terhadap situasi dan kondisi. Tuhan berbicara melalui berbagai macam peristiwa melalui banyak orang, maka mari mencoba membuka diri, tidak menjadi pribadi yang tertutup sehingga kita dapat membawa perubahan bagi orang lain. Manusia perubahan menjadi salah satu ciri kedinaaan SFD. Melalui kedinaan dan fraternitas, SFD mencoba mengubah dunia ini. Mari mensyukuri rahmat Tuhan yang luar biasa dan mohon agar Suster SFD bisa menghayati kedinaan ala Maria yang memiliki sikap lepas, beriman tangguh, siap untuk bermisi dan terbuka menjadi manusia perubahan.


Launching Draft Kurikulum Pendidikan Ke SFD an

Selain itu juga dilakukan launching atau penyerahan draft Kurikulum Pendidikan kepada Pimpinan Umum SFD Indonesia. Momen 100 tahun bagi Kongregasi SFD sebagai kesempatan untuk meneruskan dan menyegarkan kembali semangat para misionaris SFD untuk membangun pendidikan yang lebih baik lagi di Indonesia dan ditandai dengan Penyusunan Kurikulum Pendidikan. Melalui warisan rohani pendiri dan para pendahulu, Kongregasi SFD berusaha menanamkan nilai-nilai semangat, saudara, dan rendah hati di unit karya SFD.  Sering juga dikenal dengan pendidikan berkarakter ke-SFD-an yaitu Semangat, Fraternitas dan Dina. Nilai karya inilah yang diwartakan secara terus-menerus tanpa henti agar menjadi kebiasaan atau budaya yang baik, selanjutnya bertumbuh dan berkembang dalam diri setiap guru, pegawai, dan anak didik serta orangtua siswa. Semoga dengan Kurikulum Ke-SFD-an ini Pendidikan di Indonesia semakin maju.

Seabad Kongregasi SFD hadir di Indonesia telah menumbuhkan 37 komunitas-komunitas di 11 keuskupan, sekolah TK 17 unit, SD 11 unit, SMP 9 unit, SMA 2 unit dan SLB 2 unit, Klinik 11 unit, apotek 1 unit, wisma lansia 2 unit dan asrama 12 unit. Semoga Allah yang telah memulai dan mengerjakan segala sesuatu yang baik melalui pendiri Kongregasi SFD, Muder Konstansia van der Linden dan para Suster Pendahulu senantiasa diberkati dan dalam lindungan Tuhan dalam karya-karya selanjutnya. (Sr. Giovani Purba SFD)


















COMMENTS

Nama

Artikel,37,berita,10,carousel,10,Dies Natalis 215 Tahun,1,Ekspo Panggilan,1,Feature,7,galeri,5,Indahnya Persaudaraan,2,Kalimantan Barat,1,Kontak kami,1,pastoral,5,pendidikan,7,pendiri,1,Sosial,1,Tulisan Populer,4,Tulisan terbaru,3,ujud kerasulan doa SFD,1,utama,18,Visitasi di Banjarmasin,1,Week End di Pati,4,
ltr
item
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia: Puncak Perayaan 100 tahun SFD di Indonesia
Puncak Perayaan 100 tahun SFD di Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0ZpjVpqrYgAs6dgI89dqg8n8zLMESdLPqz6kGhHdYRyoFs3fe7crb6o10wGz5z32OmtPogZShhlX1B1VZ7kLERAcKWgfyIByhhCKQeXfPFUmBzpDDJcWFc9gBqy3Lw5nXv5G6ImP_4LCARU4c_LMZ4xsgLJHTIIEflLyx_h1IGTVHtiVvQ2E7zjYxbyA/w640-h358/Sajian%20Utama.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0ZpjVpqrYgAs6dgI89dqg8n8zLMESdLPqz6kGhHdYRyoFs3fe7crb6o10wGz5z32OmtPogZShhlX1B1VZ7kLERAcKWgfyIByhhCKQeXfPFUmBzpDDJcWFc9gBqy3Lw5nXv5G6ImP_4LCARU4c_LMZ4xsgLJHTIIEflLyx_h1IGTVHtiVvQ2E7zjYxbyA/s72-w640-c-h358/Sajian%20Utama.jpeg
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) | Indonesia
http://www.kongregasi-sfd.org/2023/03/melayani-gereja-dan-anak-bangsa-denga.html
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/
http://www.kongregasi-sfd.org/2023/03/melayani-gereja-dan-anak-bangsa-denga.html
true
2806446007423684193
UTF-8
Muat Semua Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua Direkomendasikan LABEL Arsip CARI Semua Tulisan Tuisan yang anda cari tidak ditemukan Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy